-->

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ala Anak Farmasi

Hilangkan bekas jerawat secara alami dan terpercaya secara medis di rumah - Jerawat kadang terjadi muncul di wajah, punggung, bahu dan bahkan leher. Jerawat hanyalah pembengkakan pada kulit yang penuh dengan bakteri dan nanah yang pada akhirnya meninggalkan bekas atau bekas luka yang pernah mengeringkan atau menyembuhkan. Kelebihan sebum penghapusan oleh kelenjar sebaceous kulit tubuh adalah masalah utama masalah ini. Dapatkan wawasan tentang cara menghilangkan bekas jerawat dari wajah semalaman.
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ala Anak Farmasi

Baca hingga selesai karena ada pembahasan secara medis oleh dokter dari luar.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Meskipun itu bukan kondisi yang serius dan menuntut, itu akan membuat seseorang terlihat kurang menarik. Jerawat kadang-kadang tampak seperti bintik merah muda atau cacat yang tampak pada kulit. Dalam kondisi yang sangat parah Anda juga akan melihat nanah putih yang keluar dari jerawat.

Biasanya, jerawat mengering lebih cepat ketika beberapa dari beberapa hari tetapi bekas luka atau tanda yang ditinggalkan oleh jerawat terus berada di kulit. Ada banyak cara untuk menyingkirkan tanda-tanda ini secara efektif.

Ada banyak unit produk di pasar untuk membersihkan bekas jerawat, namun yang populer seharusnya menggunakan pengobatan rumahan karena mereka tersedia saat tidak memiliki efek samping dan harganya sangat murah dan murah. .

Anda dapat melihat banyak produk krim penghilang jerawat yang ditemukan di pasar. Namun, mereka membutuhkan bahan kimia berbahaya. mencoba untuk menghindari krim khusus ini dan menerapkan kiat buatan sendiri alami untuk mengurangi efek bekas jerawat.

Beberapa langkah untuk menghindari jerawat dan risiko jerawat.

Cara menghilangkan jerawat selamanya.Jika Anda kesal dengan masalah kulit dan jerawat, masalah kulit alami dan kiat jerawat ini dapat membantu Anda mendapatkan merah selamanya. Perawatan masalah kulit tergantung pada jenis situasi yang Anda atasi dan itu akan menjadi keparahan.
  1. Hindari atau lakukan sedikit make-up. Bahan kimia riasan bereaksi dengan keringat yang mengakibatkan penyumbatan pori-pori kulit yang akan meningkatkan kerasnya masalah kulit.
  2. Tingkatkan asupan air dan makan banyak sayuran dan buah-buahan.
  3. Cuci sarung bantal Anda biasanya dan selamanya gunakan handuk wajah bersih. Handuk kotor dan sarung bantal akan menyimpan bakteri dan kuman yang akan membuat jerawat bertambah parah.
  4. Kenakan pelindung tutup kepala seperti topi dengan pinggiran besar untuk melindungi wajah, kepala, dan bagian belakang leher Anda dari paparan sinar matahari. Anda juga akan mengenakan topi baseball, kemeja lengan panjang, dan celana panjang.
  5. Hindari menyentuh wajah Anda sesering mungkin. Ini adalah sentuhan yang sulit tetapi sangat diperlukan karena jari-jari Anda mengirimkan kotoran dan minyak, yang hanya menyebabkan jerawat berkembang biak dan bertahan untuk waktu yang lebih lama.
  6. Tetap bersihkan wajah Anda, tetapi jangan berlebihan. semua orang menyadari bahwa Anda hanya harus mencuci muka, namun beberapa orang menggunakan terlalu banyak bahan kimia keras yang benar-benar akan mengiritasi kulit dan membuat jerawat lebih buruk. Jika Anda mengupas semua minyak dari wajah Anda, kulit Anda bahkan dapat menciptakan banyak minyak untuk membuatnya agar tetap melekat dengan pembersih lembut dan menghindari produk yang mengandung alkohol.
Jerawat adalah penyakit kulit umum yang mempengaruhi sekitar 85% orang di beberapa titik dalam hidup mereka. Gejala termasuk jerawat sial, yang bisa membuat frustasi dan sulit dihilangkan. Sementara perawatan konvensional dapat efektif untuk menghilangkan jerawat, mereka sering dikaitkan dengan efek samping, seperti iritasi kulit dan kekeringan.

Karena itu, banyak orang beralih ke alternatif alami. Ada banyak obat jerawat alami di luar sana, tetapi hanya sedikit yang terbukti secara ilmiah dapat membantu.

Berikut adalah 3 solusi alami yang telah terbukti menghilangkan jerawat dengan cepat.

1. Spot Treat Dengan Tea Tree Oil

Minyak pohon teh diekstrak dari daun pohon Melaleuca alternifolia , yang asli Australia. Ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Secara khusus, minyak pohon teh membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis , dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat ( baca artikel dari studi luar negri : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5435909/  ).

Satu studi menemukan bahwa 5% gel minyak pohon teh hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi lesi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat daripada plasebo ( 1 ).

Dalam penelitian lain, gel yang mengandung 5% minyak pohon teh terbukti sama efektifnya dalam mengurangi jerawat sebagai lotion yang mengandung 5% benzoyl peroxide, obat jerawat yang umum ( 2 ).

Perawatan minyak pohon teh juga menghasilkan efek samping yang lebih sedikit daripada benzoyl peroxide. Ini termasuk kekeringan, iritasi dan terbakar.

Sangat penting untuk dicatat bahwa minyak pohon teh sangat kuat dan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi ketika diterapkan langsung ke kulit. Untuk alasan ini, harus diencerkan dengan air atau minyak pembawa.

Cara Menggunakan Minyak Pohon Teh untuk Jerawat

  1. Campurkan satu bagian minyak pohon teh dengan sembilan bagian air.
  2. Celupkan kapas ke dalam campuran dan gunakan langsung ke jerawat.
  3. Oleskan pelembab, jika diinginkan.
  4. Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari, sesuai kebutuhan.
RINGKASAN
Minyak pohon teh melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Menerapkannya ke kulit telah terbukti mengurangi jerawat.

2. Spot Treat Dengan Minyak Esensial Lainnya 

Selain minyak pohon teh, ada banyak minyak esensial lainnya dengan sifat antibakteri dan anti-radang yang dapat membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

Sebuah tinjauan ilmiah besar menemukan bahwa minyak esensial kayu manis, mawar, lavender dan cengkeh melawan bakteri penyebab jerawat, S. epidermidis dan P. acnes ( 3 ).

Rosemary dan serai juga terbukti efektif menghambat P. acnes ( 4 ).

Satu studi membandingkan kemampuan melawan jerawat dari minyak cengkeh-kemangi, 10% benzoil peroksida dan plasebo. Baik 2% dan 5% minyak cengkeh-basil ditemukan lebih efektif dan lebih cepat dalam mengurangi jerawat dibandingkan benzoyl peroxide ( 5 ).

Studi lain menemukan bahwa gel yang mengandung asam asetat, jeruk dan minyak atsiri kemangi menghasilkan 75% peningkatan tingkat penyembuhan jerawat ( 6 ).

Seperti minyak pohon teh, minyak esensial ini sangat pekat dan dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit.

Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Jerawat

  1. Campurkan satu bagian minyak esensial dengan sembilan bagian air.
  2. Celupkan kapas ke dalam campuran dan gunakan langsung ke jerawat.
  3. Oleskan pelembab, jika diinginkan.
  4. Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari, sesuai kebutuhan.
RINGKASAN
Minyak esensial lainnya termasuk kayu manis, mawar, lavender, cengkeh dan rosemary telah ditemukan untuk menghambat bakteri penyebab jerawat. Mengoleskan minyak ini ke kulit dapat membantu mengurangi jerawat.

3. Terapkan Teh Hijau ke Kulit

Banyak orang minum teh hijau untuk manfaat kesehatannya , tetapi itu juga dapat membantu bila dioleskan langsung ke kulit.

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat ( 7, 8 ).

Ini juga tinggi dalam antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit berjerawat ( 9 ).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan jerawat mengalami penurunan produksi dan jerawat sebum secara signifikan ketika mereka menerapkan ekstrak teh hijau 2-3% pada kulit mereka ( 10 , 11  ).

Ada beberapa produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung teh hijau, tetapi sangat sederhana dan hemat biaya untuk membuat campuran Anda sendiri di rumah.

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Jerawat

  1. Curam teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
  2. Biarkan teh menjadi dingin.
  3. Oleskan ke wajah Anda dengan kapas atau spritz menggunakan botol semprot.
  4. Biarkan selama 10 menit atau semalam, lalu bilas wajah Anda dengan air.
  5. Terapkan 1–2 kali per hari, sesuai kebutuhan. Ini dapat disimpan di kulkas hingga dua minggu.
RINGKASAN
Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri. Menerapkannya ke kulit telah terbukti secara signifikan mengurangi jerawat.

 

4. Melembabkan Dengan Aloe Vera / Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman tropis dengan daun yang menghasilkan gel yang bening.

Ketika diaplikasikan pada kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan dan mendorong penyembuhan luka ( 12  ).

Karena itu, ini adalah perawatan populer untuk berbagai kondisi kulit termasuk psoriasis, ruam, luka bakar dan luka bakar.

Ada studi terbatas pada kemampuan lidah buaya untuk melawan jerawat secara khusus, tetapi penelitian yang ada cukup menjanjikan.

Aloe vera mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic, fenol dan sulfur, yang semuanya menghambat bakteri yang dapat menyebabkan jerawat ( 13 ).

Dalam satu penelitian, berbagai konsentrasi gel lidah buaya ditambahkan ke lotion minyak cengkeh-basil dan dievaluasi untuk sifat anti-jerawat. Semakin tinggi konsentrasi lidah buaya dalam lotion, semakin efektif untuk mengurangi jerawat ( 14 ).

Studi lain menemukan bahwa menggunakan 50% gel lidah buaya dengan krim tretinoin secara signifikan lebih efektif dalam membersihkan jerawat daripada krim tretinoin saja. Krim tretinoin adalah obat jerawat yang berasal dari vitamin A ( 15 ).

Meskipun gel lidah buaya sendiri tidak efektif dalam mengobati jerawat, ia meningkatkan efek anti jerawat dari minyak cengkeh-basil dan krim tretinoin.

Meskipun ada kemungkinan bahwa gel lidah buaya dapat membantu membersihkan jerawat sendiri, itu mungkin lebih efektif bila dikombinasikan dengan obat atau obat lain.

Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Jerawat

  1. Gosok gel dari daun lidah buaya dengan sendok.
  2. Oleskan gel pada kulit bersamaan dengan perawatan jerawat lainnya. Anda mungkin ingin mencoba mencampurnya dengan perawatan Anda yang lain, dan kemudian menerapkan ini ke kulit Anda. Atau, Anda bisa menerapkan perawatan jerawat lain terlebih dahulu, dengan gel lidah buaya di atasnya.
  3. Ulangi 1–2 kali per hari, atau sesuai yang diinginkan.
  4. Anda juga dapat membeli gel lidah buaya, tetapi pastikan itu adalah lidah buaya murni dan tidak mengandung bahan-bahan tambahan.
RINGKASAN
Menerapkan lidah buaya ke kulit dapat membantu mengobati luka bakar, menyembuhkan luka dan melawan peradangan. Telah terbukti untuk meningkatkan efek anti-jerawat dari perawatan lain, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan pada efeknya ketika digunakan sendiri.

Remedies Jerawat Jangka Panjang

Beberapa perawatan jerawat alami lainnya telah terbukti efektif dengan penggunaan jangka panjang yang konsisten.

Meskipun obat di bawah ini tidak dapat menghilangkan jerawat dengan cepat, mereka dapat membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat dari waktu ke waktu.

Menggunakan Suplemen Seng

Mineral zinc berperan dalam penyembuhan luka dan dapat membantu mengurangi peradangan.

Karena ini, telah dipelajari sebagai kemungkinan perawatan untuk jerawat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan jerawat cenderung memiliki tingkat seng lebih rendah dalam darah mereka dibandingkan dengan kulit yang jernih ( 16 ).

Mengambil suplemen zinc telah terbukti membantu. Faktanya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi zinc sebanyak 30–45 mg per hari dapat secara signifikan mengurangi jerawat ( 17 ).

Dalam satu studi khusus, 48 ​​orang dengan jerawat mengambil suplemen zinc tiga kali per hari. Setelah delapan minggu, 38 dari mereka mengalami pengurangan 80-100% jerawat ( 18 ).

Zinc tersedia dalam berbagai bentuk, masing-masing mengandung jumlah unsur zinc yang berbeda.

Terlepas dari bentuk apa yang Anda pilih, mungkin sebaiknya tidak mengambil lebih dari batas atas yang disarankan 40 mg seng per hari.

Terlalu banyak seng dapat menyebabkan efek yang merugikan, termasuk sakit perut dan iritasi usus ( 19 ).

Menggunakan Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung asam eicosapentaenoic asam lemak omega-3 (EPA) dan docosahexaenoic (DHA).

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi EPA dapat membantu mengelola produksi minyak, mencegah jerawat dan membantu kulit mempertahankan hidrasi yang adekuat.

Tingkat EPA dan DHA yang tinggi juga telah terbukti mengurangi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peradangan, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko jerawat.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 yang mengandung EPA dan DHA setiap hari selama 10 minggu secara signifikan mengurangi jerawat pada 45 partisipan.

Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi kacang walnut, biji chia, biji rami, salmon, sarden, dan ikan teri.

Namun, sumber tanaman di atas mengandung asam omega-3 asam alfa-linolenat (ALA) dan sedikit atau tidak ada EPA atau DHA.

Mengambil suplemen dengan omega-3 terkonsentrasi dapat membantu Anda mengambil EPA dan DHA dalam jumlah yang lebih tinggi untuk mengobati jerawat lebih baik.

RINGKASAN
Meminum ragi, seng atau minyak ikan secara lisan dapat membantu mencegah dan mengurangi jerawat dari waktu ke waktu. Suplemen ini tidak dapat menghilangkan jerawat dengan cepat, tetapi studi yang mengevaluasi penggunaan jangka panjang mereka menunjukkan harapan besar.

Cara Lain untuk Membantu Mengurangi Jerawat

Meskipun orang telah menggunakan obat jerawat alami selama bertahun-tahun, penelitian tentang topik ini masih muncul.

Obat yang tercantum di bawah ini dapat bermanfaat bagi kulit yang rentan jerawat, tetapi tidak ada penelitian yang ada pada kemampuan mereka untuk mengobati jerawat:

  • Witch hazel: Menerapkan witch hazel ke kulit telah terbukti melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mencegah jerawat.
  • Cuka sari apel: Asam organik dalam cuka sari apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi munculnya bekas luka.
  • Batasi asupan susu: Dua penelitian besar melaporkan bahwa orang yang minum lebih banyak susu cenderung memiliki lebih banyak jerawat, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan.
  • Cobalah masker madu dan kayu manis: Madu dan kayu manis memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-radang, sehingga dapat bermanfaat bagi kulit yang rentan jerawat saat diterapkan.
  • Mengurangi stres: Beberapa penelitian telah menghubungkan stres dengan peningkatan tingkat keparahan jerawat. Tanyakan dokter Anda tentang teknik relaksasi dan perubahan gaya hidup yang mungkin dapat membantu Anda mengurangi tingkat stres Anda.
Untuk tips lebih lanjut, berikut 35 Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasinya .
RINGKASAN
Beberapa pengobatan lain dapat membantu Anda melawan jerawat secara alami, termasuk menerapkan cuka sari apel ke kulit, membatasi asupan susu Anda dan mengurangi tingkat stres. Namun, ini memiliki sedikit atau tidak ada penelitian di belakang mereka, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian. 

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ala Anak Farmasi