-->

Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus


Apakah anda merasa kalau anda sulit untuk berkonsentrasi dan fokus ketika melakukan suatu hal? Jika ya, Anda dapat membaca cara meningkatkan konsentrasi supaya anda  bisa lebih fokus dalam melakukan suatu hal.

"Kekuatan pikiran seperti sinar matahari. Ketika mereka terkonsentrasi, mereka menyinari." - Swami Vivekananda
Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus
Ketika saya masih kecil, saya melihat bagaimana kaca pembesar dapat membakar selembar kertas, ketika sinar matahari terfokus melaluinya pada satu titik. Api hanya bisa menyala, ketika sinar matahari terkonsentrasi pada titik kecil. Ketika kaca pembesar dipindahkan terlalu jauh, atau terlalu dekat dengan kertas, sinar tidak cukup terfokus, dan tidak ada yang terjadi.

Pengalaman ini, menjelaskan dengan jelas, bagaimana kekuatan konsentrasi bekerja. Ini adalah keterampilan, yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki perhatian Anda pada satu pemikiran atau subjek tunggal, sementara pada saat yang sama tidak termasuk dari kesadaran Anda segalanya.

"Kekuatan konsentrasi bermanifestasi sebagai perhatian terfokus dan sebagai satu pikiran yang runcing."

Ketika Anda memfokuskan pikiran, Anda menghemat energi Anda dan tidak membuangnya pada pikiran atau kegiatan yang tidak relevan. Inilah sebabnya, mengembangkan konsentrasi sangat penting bagi siapa pun yang ingin menjadi lebih efisien dan bertanggung jawab atas kehidupannya. Keterampilan ini sangat penting untuk setiap jenis kesuksesan. Tanpa itu, upaya Anda tersebar, tetapi dengan itu, Anda dapat mencapai hal-hal hebat.

Konsentrasi memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Ini membantu dalam belajar, memungkinkan pemahaman yang lebih cepat, meningkatkan memori, membantu dalam memfokuskan pada tugas, pekerjaan atau tujuan, dan oleh karena itu, mencapainya dengan lebih mudah dan efisien. Ini adalah alat yang kuat untuk penggunaan visualisasi kreatif yang efisien , dan juga membantu dalam mengembangkan kekuatan batin .

Ketika kemampuan ini kuat, pikiran mematuhi Anda lebih mudah dan tidak terlibat dalam pikiran atau kekhawatiran negatif yang sia-sia. Kemampuan ini memainkan peran penting dalam meditasi, memperoleh penguasaan mental, dan mencapai ketenangan pikiran .

Tanpanya, pikiran hanya melompat-lompat dari satu pikiran ke yang lain, tidak memungkinkan Anda untuk bermeditasi dengan benar.

Apakah Anda sekarang menyadari, mengapa itu sangat penting dan bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi?

Untuk mengembangkan kekuatan ini, Anda perlu melatih dan melatihnya. Lupakan semua alasan Anda tentang tidak memiliki waktu atau terlalu sibuk. Jangan mengatakan bahwa keadaannya tidak tepat, atau Anda tidak dapat menemukan tempat yang tenang untuk berolahraga. Dengan sedikit perencanaan, keinginan dan motivasi, Anda selalu dapat menemukan waktu untuk berolahraga setiap hari, tidak peduli betapa sibuknya Anda.

The Restless Mind

Pemikiran selalu meminta perhatian kita, membuang waktu dan energi kita pada hal-hal yang tidak penting dan tidak berguna. Mereka sebenarnya, mengatur hidup kita. Kami telah begitu terbiasa dengan kondisi ini sehingga kami menganggapnya sebagai hal yang alami.

Saat bernafas, kita tidak perlu memperhatikan setiap inhalasi dan pernafasan. Kita menjadi sadar akan proses bernapas, hanya ketika kita mengalami kesulitan bernafas, seperti ketika hidung kita tersumbat, karena kedinginan, atau ketika kita berada di ruangan yang tidak terventilasi.

Sama halnya dengan berpikir. Kita menjadi sadar akan serangan gencar pikiran kita, dan ketidakmampuan kita untuk menenangkan mereka, hanya ketika kita perlu berkonsentrasi, memecahkan masalah atau belajar. Kami juga sangat sadar akan mereka, ketika kami memiliki kekhawatiran atau ketakutan.

Periksa situasi yang akrab ini. Anda perlu mempelajari sesuatu untuk pekerjaan Anda atau untuk ujian. Anda duduk dengan nyaman di sofa dengan buku di tangan Anda dan mulai membaca. Setelah beberapa saat, Anda merasa lapar dan pergi ke dapur untuk makan sesuatu.

Anda kembali ke buku, tetapi beberapa saat kemudian Anda mendengar orang berbicara di luar. Anda mendengarkannya selama beberapa saat dan kemudian membawa perhatian Anda kembali ke buku.

Setelah beberapa saat, Anda merasa resah dan menyalakan radio untuk mendengarkan musik. Anda terus membaca beberapa saat, dan kemudian ingat insiden yang terjadi kemarin, dan mulai memikirkannya.

Ketika Anda melihat jam tangan Anda, Anda kagum untuk mengetahui bahwa satu jam penuh telah berlalu, dan Anda hampir tidak membaca apa pun.

Inilah yang terjadi ketika seseorang kurang konsentrasi. Bayangkan apa yang bisa Anda capai, jika Anda bisa mengendalikan perhatian dan memfokuskan pikiran Anda!

Pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik, seperti membawa beban berat, misalnya, memperkuat otot. Namun, itu tidak sama dengan berolahraga setiap hari di gym. Membaca dan belajar, melatih pikiran, tetapi untuk mendapatkan konsentrasi yang kuat, Anda perlu berlatih latihan setiap hari, seperti berlatih di gym.

Resistensi Batin untuk Mengembangkan Konsentrasi

Untuk mengembangkan kemampuan ini, Anda harus melatih pikiran Anda. Kebanyakan orang percaya bahwa konsentrasi adalah aktivitas yang melelahkan dan melelahkan, dan itu melibatkan pengerahan tenaga dan ketegangan, yang sulit dan tidak menyenangkan. Keyakinan ini, yang biasanya dimulai pada usia dini, tidak benar.

Orangtua dan guru mengharapkan anak-anak untuk belajar, mengerjakan pekerjaan rumah mereka dan mendapatkan nilai bagus. Terkadang, mereka menggunakan tindakan disipliner terhadap anak-anak. Ini membuat anak-anak merasa terpaksa melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai.

Memberi tahu anak sering, bahwa dia tidak cukup berkonsentrasi, menciptakan keengganan bawah sadar untuk berkonsentrasi dan belajar. Ini menjadi terkait dengan paksaan, kurangnya kebebasan, dan melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai. Ketika anak-anak tumbuh dewasa, tidak mengherankan bahwa kekuatan konsentrasi mereka terlalu lemah.

Meskipun kebanyakan orang akan mengakui bahwa konsentrasi yang baik adalah aset yang besar, namun, kebanyakan dari mereka, tidak melakukan apa pun untuk memperkuatnya, karena mereka tidak tahu bagaimana caranya, dan karena mereka tidak memiliki motivasi untuk melakukannya.

Konsentrasi bisa menyenangkan, jika didekati dengan cara yang benar. Itu harus dilakukan dengan sukacita, sikap positif, optimisme, dan pemahaman akan kemungkinan-kemungkinannya yang besar.

Manfaat Mengembangkan Kekuatan Konsentrasi

Ada banyak manfaat untuk mengembangkan kekuatan konsentrasi. Berikut beberapa di antaranya:
  • Kontrol pikiran Anda.
  • Kemampuan untuk memfokuskan pikiran Anda.
  • Ketenangan pikiran.
  • Kebebasan dari pikiran yang sia-sia dan menjengkelkan.
  • Kemampuan untuk memilih pemikiran Anda.
  • Memori lebih baik.
  • Peningkatan Percaya diri.Kekuatan batin.
  • Kekuatan Kemauan yang Lebih Kuat.
  • Ketegasan.
  • Kemampuan untuk belajar dan memahami lebih cepat.
  • Kebahagiaan batin.
  • Penggunaan visualisasi kreatif yang lebih kuat dan efisien .
  • -Deeper dan meditasi yang lebih sukses.
Dan banyak lagi...

Apakah ini tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Kembangkan kekuatan konsentrasi dan temukan sendiri!

Jadi bagaimana dengan mulai mengembangkan kekuatan konsentrasi hari ini?

Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus